عن عبد الله بن عمرو رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ : اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ ، كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِي الدُّنْيَا ، فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا ) .
Dari Abdulloh bin umar rodhiyallohu anhuma berkata :Rasululloh shollllohu alaihi wasallam bersabda :" Dikatakan kepada Shahibul Qur`an (di akhirat): “Bacalah Al-Qur`an dan naiklah (ke surga) serta tartilkanlah (bacaanmu) sebagai mana engkau tartilkan sewaktu di dunia. Sesungguhnya kedudukan dan tempat tinggalmu (di surga) berdasarkan akhir ayat yang engkau baca”. (HR. Imam Tirmidzi dan Abu Dawud).
- kitab aunul ma'bud syarah sunan abu dawud (4/237) :
( يقال ) : أي عند دخول الجنة ( لصاحب القرآن ) : أي من يلازمه بالتلاوة والعمل لا من يقرؤه ولا يعمل به ( اقرأ وارتق ) : أي إلى درجات الجنة أو مراتب القرب ( ورتل ) : أي لا تستعجل في قراءتك في الجنة التي هي لمجرد التلذذ والشهود الأكبر كعبادة الملائكة ( كما كنت ترتل ) : أي في قراءتك ، وفيه إشارة إلى أن الجزاء على وفق الأعمال كمية وكيفية ( في الدنيا ) : من تجويد الحروف ومعرفة الوقوف ( فإن منزلك عند آخر آية تقرؤها ) : وقد ورد في الحديث أن درجات الجنة على عدد آيات القرآن ، وجاء في حديث " من أهل القرآن فليس فوقه درجة " ، فالقراء يتصاعدون بقدرها .
( يقال ) : أي عند دخول الجنة ( لصاحب القرآن ) : أي من يلازمه بالتلاوة والعمل لا من يقرؤه ولا يعمل به ( اقرأ وارتق ) : أي إلى درجات الجنة أو مراتب القرب ( ورتل ) : أي لا تستعجل في قراءتك في الجنة التي هي لمجرد التلذذ والشهود الأكبر كعبادة الملائكة ( كما كنت ترتل ) : أي في قراءتك ، وفيه إشارة إلى أن الجزاء على وفق الأعمال كمية وكيفية ( في الدنيا ) : من تجويد الحروف ومعرفة الوقوف ( فإن منزلك عند آخر آية تقرؤها ) : وقد ورد في الحديث أن درجات الجنة على عدد آيات القرآن ، وجاء في حديث " من أهل القرآن فليس فوقه درجة " ، فالقراء يتصاعدون بقدرها .
(Dikatakan) maksudnya ketika masuk ke syurga. (kepada shohibul qur'an) maksudnya adalah orang yang melazimkan baca al qur'an dan mengamalkannya, bukan orang yang membaca saja tanpa mengamalkan. (bacalah dan naiklah ) maksudnya naik ke derajat yang ada di syurga, atau ke tingkatan-tingkatan kedekatan kepada Allah. (serta tartilkanlah) maksudnya jangan tergesa-gesa dalam bacaanmu ketika disyurga yang hanya untuk meraih kenikmatan dan penyaksaian agung saja seperti ibadahnya malaikat. ( sebagai mana engkau tartilkan) maksudnya dalam bacaanmu, dalam hadis ini terdapat isyarat bahwa balasan cocok berdasarkan amalan dalam jumlah dan cara. (sewaktu didunia) yaitu tajwidnya huruf dan tahu berhentinya. (Sesungguhnya kedudukan dan tempat tinggalmu (di surga) berdasarkan akhir ayat yang engkau baca), telah datang hadis bahwa derajatnya syurga berdasarjan hitungan ayat al qur'an, dan telah datang dalam hadis bahwa orang yang ahli qur'an maka tiada derajat diatasnya. Maka qurro'/ahli bacaan al qur'an derajatnya senantiasa naik berdasarkan ukuran bacaannya.
قال الخطابي : جاء في الأثر عداد آي القرآن على قدر درج الجنة ، يقال للقارئ اقرأ وارتق الدرج على قدر ما تقرأ من آي القرآن ، فمن استوفى قراءة جميع القرآن استولى على أقصى درج الجنة ، ومن قرأ جزءا منها كان رقيه من الدرج على قدر ذلك ، فيكون منتهى الثواب عند منتهى القراءة انتهى .
Al-khottoby berkata : telah datang dalam atsar bahwa hitungan ayat qur'an berdasarkan ukuran derajat di syurga. Dikatakan kepada pembaca qur'an : bacalah dan naiklah ke derajatnya syurga berdasarkan ukuran yang engkau baca dari ayat al qur'an, barang siapa memenuhi bacaan semua al qur'an maka dia menguasai puncak derajat di syurga, dan barang siapa membaca satu bagian dari qur'an maka dia naik pada derajat berdasarkan ukuran bagian tersebut, maka puncak pahala pada puncak bacaan.
وقال الطيبي : إن الترقي يكون دائما فكما أن قراءته في حال الاختتام استدعت الافتتاح الذي لا انقطاع له كذلك هذه القراءة والترقي في المنازل التي لا تتناهى ، وهذه القراءة لهم كالتسبيح للملائكة لا تشغلهم من مستلذاتهم بل هي أعظمها انتهى .
At-tiby berkata : sesungguhnya naiknya derajat itu selama lamanya, maka sebagaimana bahwa bacaannya ketika sudah hatam akan menariknya untuk memulai dari awal dan ini tidak ada putusnya, maka seperti itulah bacaan dan naiknya derajat pada tingkatan-tingkatan yang tidak ada batasnya, dan bacaan ini bagi mereka bagaikan tasbih bagi malaikat, kenikmatan mereka tidak akan menyibukkannya bahwa ini lebih agung.
قال بعض العلماء : إن من عمل بالقرآن فكأنه يقرؤه دائما وإن لم يقرأه ، ومن لم يعمل بالقرآن فكأنه لم يقرأه وإن قرأه دائما ، وقد قال الله تعالى كتاب أنزلناه إليك مبارك ليدبروا آياته وليتذكر أولو الألباب فمجرد التلاوة والحفظ لا يعتبر اعتبارا يترتب عليه المراتب العلية في الجنة العالية .
Sebagian ulama' berkata : Sesungguhnya orang yang mengamalkan al qur'an maka seolah-olah dia selalu membacanya walaupun tidak membaca, dan barang siapa tidak mengamalkan alqur'an maka seolah-olah dia tidak membacanya walaupun dia terus menerus membacanya.Allah ta'ala telah berfirman dalam kitabnya :“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran”. (QS. Shaad: 29), maka hanya membaca dan hafalan saja tidak dihitung dengan hitungan derajat 2 yang tinggi di syurga yang tinggi. Wallohu a'lam bis showab
baca juga => HADITS TENTANG TIYAROH
No comments:
Post a Comment