kitab Hikmatu Tasyri'wal Safatuhu juz II hal. 48 :
من كان يؤمن بالله واليوم الأخر فلا يسقين ماءه زرع أخيه
من كان يؤمن بالله واليوم الأخر فلا يسقين ماءه زرع أخيه
Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan sekali-kali menyiram air (maninya ) pada lahan tanaman (rahim) orang lain.
- Al-jami'ul Shoghir hadis no. 8030 :
مامن ذنب بعد الشرك أعظم عند الله من نطفة وضعها رجل فى رحم لايحل له. رواه ابن الدنا عن الهشيم بن مالك الطائ الجامع الصغير
مامن ذنب بعد الشرك أعظم عند الله من نطفة وضعها رجل فى رحم لايحل له. رواه ابن الدنا عن الهشيم بن مالك الطائ الجامع الصغير
Tidak ada dosa yang lebih besar setelah syirik (menyekutukan Allah ) disisi Allah dari pada maninya seorang laki-laki yang ditaruh pada rahim wanita yang tidak halal baginya. (HR. Ibnu Abid-dunya dari Hasyim bin Malik al-thoi).
Dalam riwayat imam tirmidzi sbb:
عن رويفع بن ثابت عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فلا يسق ماءه ولد غيره قال أبو عيسى هذا حديث حسن وقد روي من غير وجه عن رويفع بن ثابت والعمل على هذا عند أهل العلم لا يرون للرجل إذا اشترى جارية وهي حامل أن يطأها حتى تضع
Hadits dari Ruwaifi’ bin Tsabit Al-Anshari radliyallaahu ’anhu, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam : ”Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah ia menyiramkan air (maninya) kepada anak orang lain”imam tirmidzi berkata bahwa ini adalah hadis hasan, dan diriwayatkan dari selain jalan ini dri ruwaifi' bin tsabit, pengamalan hadis ini bagi ahli ilmu adalah seorang lelaki ketika membeli budak yang sedang hamil maka tidak boleh menjima'nya hingga melahirkan.
- Tuhfatul ahwadzi syarah tirmidzi
( فلا يسقي ) بفتح أوله أي : يدخل ( ماءه ) أي : نطفته ( ولد غيره ) وفي رواية أبي داود زرع غيره يعني : إتيان الحبالى
( فلا يسقي ) بفتح أوله أي : يدخل ( ماءه ) أي : نطفته ( ولد غيره ) وفي رواية أبي داود زرع غيره يعني : إتيان الحبالى
Maksudnya "jangan menyiramkan" adalah jangan memasukkan.maksudnya "airnya" adalah air maninya." kepada anak orang lain " dalam satu riwayat dalam sunan abu dawud adalah " tanaman orang lain " maksudnya adalah menjima' orang-orang hamil. Wallohu a'lam bis showab
baca juga => MAKNA HADITS RUH-RUH LAKSANA TENTARA YANG BERKUMPUL
No comments:
Post a Comment